Oleh Oleh Khas Bandung Paling Hits Buat Kamu

Liburan ke bandung kurang lengkap rasanya kalo belum membawa / mencicipi oleh oleh khas bandung. Ada banyak sekali pusat oleh oleh di bandung yang menyediakan makanan khas bandung yang bisa kamu dapat kan di kota ini. Selain makanan khas nya, kamu juga bisa menikmati jajanan khas kota bandung yang dapat kamu temui di setiap sudut tempat wisata di bandung.

oleh oleh khas bandung
oleh oleh khas bandung – momsexperience.com

Selain makanan khas dan juga jajanan khas nya, di bandung kamu juga bisa membawa oleh oleh hasil kreatifitas masyarakat kota bandung. Banyak loh hasil kreatifitas masyarakat kota bandung, yang bisa kamu bawa untuk oleh oleh kamu, Seperti angklung, wayang golek, kaos, baju dll.

Sejak dahulu, bandung selain di kenal sebagai kota wisata, bandung juga di kenal sebagai kota industri kreatif, dari mulai industri pakaian yang selalu kekinian, style, makanan. Makanya ngga heran juga sih, kalo kota bandung menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Yang selalu di buru oleh para wisatawan lokal maupun luar kota bandung.

Jajanan Khas Bandung

Kalo kamu seorang traveller sejati, pasti yang kamu lakukan selain mengexplore tempat wisata yang sedang kamu kunjungi adalah mencari dan mencicipi jajanan khas tempat tersebut. Yup benar sekali, di bandung juga banyak jajanan khas kota nya yang bisa kamu icip icip. Berikut ini beberapa jajanan khas kota bandung :

 

1. Seblak – Jajanan khas kota bandung yang lagi hits banget

Seblak Makanan Khas Bandung
Seblak Makanan Khas Bandung – momsexperience.com

Saat ini jajanan yang satu ini bukan lagi hal yang aneh di telinga masyarakat, bahkan masyarakat di luar kota bandung. Jajanan khas kota bandung yang bercita rasa pedas dan gurih ini mulai booming beberapa tahun belakangan ini. Varian jajanan ini pun sudah beraneka ragam dari mulai seblak kerupuk, seblak ceker, seblak bakso, seblak mie, seblak tahu dll.

Jajanan khas ini ada dua macam, yang pertama seblak basah dan yang kedua seblak kering. Setiap penggemar jajanan ini umum nya di sediakan seblak basah, namun menurut saya seblak kering itu lezat banget, karena kamu akan merasakan sensasi seblak dengan banyak nya lumuran bumbu nya yang khas.

Kamu yang akan berkunjung ke tempat wisata di bandung, jangan lupa untuk icip icip jajanan khas yang satu ini 🙂 .

2. Kupat Tahu – Jajanan pagi khas kota bandung

kupat tahu bandung
kupat tahu bandung – momsexperience.com

Jika kamu berkunjung ke kota bandung, jajanan yang satu ini mudah sekali kamu temui. Layak nya nasi uduk di tangerang / jakarta atau gudeg di jogja. Saya pertama kali merasakan jajanan khas kabupaten bandung barat ini sekitar 4 tahunan yang lalu.

Jajanan khas ini umum nya sama seperti sayur ketupat yang biasa di temui di berbagai daerah, hanya saja yang membedakan jajanan ini dengan sayur ketupat adalah sayur nya yang menggunakan santan yang agak kental dan juga di tambahkan tahu.

Jajanan ini cocok banget menjadi sarapan pagi kamu di kota kembang ( sebutan untuk kota bandung ), harganya pun relatif murah, hanya sekitar Rp.10.000 dan juga rasanya yang gurih dan enak di lidah. Kamu juga patut mencoba jajanan khas bandung yang satu ini 🙂, Jangan banyak banyak ya, nanti ngangenin loh 🙂 .

3. Rujak Cireng – Menikmati sensasi cireng dengan rasa berbeda

Biasa nya kamu akan menemui cireng di beberapa tukang gorengan pinggir jalan, namun umum nya kamu akan menyantap cireng hanya di temani dengan cabe.

rujak cireng jajanan khas bandung
rujak cireng jajanan khas bandung – momsexperience.com

Berbeda dengan cireng yang ada di bandung ini, kamu akan merasakan sensasi berbeda ketika menikmati jajanan yang satu ini. Yaitu, menikmati cireng dengan cocolan bumbu rujak asam manis pedas. Hmmm yummi gurih nya.

Meskipun jajanan khas kota bandung yang satu ini sudah banyak ada di luar kota bandung, namun mencicipi jajanan yang satu ini di kota asal nya akan memberikan suasana dan sensasi yang luar biasa dan berbeda pasti nya.

4. Comring Bandung – Menikmati oncom dengan sensasi keripik

Kamu pasti pernah dong makan keripik tempe, atau keripik lain nya, iya dong 🙂 . Di kota bandung ada salah satu jajanan khas nya yaitu Comring, makanan yang terbuat dari oncom yang bernuansa keripik.

comring jajanan khas bandung
comring jajanan khas bandung – momsexperience.com

Jajanan yang satu ini bisa kamu dapakan dengan membeli per kilo atau per bungkus. Jajanan khas ini cocok banget buat kamu yang sedang travelling di kota kembang, untuk menemani semua kegiatan kamu. Di jamin deh kamu bakalan ketagihan sama jajanan khas yang satu ini.

5. Gehu Pedas – Jajanan buat kamu pencinta tahu pedas

gehu pedas jajanan khas bandung
gehu pedas jajanan khas bandung – momsexperience.com

Sebenernya sih jajanan yang satu ini sedang hits banget di daerah tangerang, hanya saja di sini nama nya adalah Tahu Pedas. Gehu Pedas adalah singkatan dari Toge dan Tahu Pedas. Namun saat ini gehu pedas tidak melulu isian nya adalah hanya toge, saat ini sudah banyak yang berinovasi loh.

Buat kamu pencinta pedas, jajanan yang satu ini cocok banget nih buat kamu yang sedang liburan ke kota bandung, tapi jangan banyak banyak ya, nanti perut kamu bisa meledak karena pedas nya 🙂 .

Oleh Oleh Khas Bandung

Setelah kamu menikmati liburan kamu dan mencicipi jajanan khas yang ada di kota kembang. Hal yang selanjutnya harus kamu lakukan adalah mencari oleh oleh khas kota bandung baik itu makanan ataupun barang barang sebagai kenangan.

Sebenernya sih ada banyak banget oleh oleh yang bisa kamu bawa pulang yang ada di kota ini, tapi saya ingin memberikan kamu info oleh oleh yang nge hits banget di kota bandung. Pokok nya recommended banget deh.

1. Pisang Bolen Kartika Sari – Salah satu oleh oleh khas bandung

Jika kamu sedang berkunjung ke bandung, pastikan kamu ngga kelupaan untuk mebawa oleh oleh yang satu ini. Pisang bolen buatan toko kue Kartika Sari merupakan yang paling populer di kota kembang.

pisang bolen kartika sari oleh oleh khas bandung
pisang bolen kartika sari oleh oleh khas bandung – momsexperience.com

Makanan khas ini sudah sejak lama sekali populer dan tetap menjaga kualitas rasa nya dengan resep yang digunakan turun temurun. Pisang bolen ini sekarang sudah memiliki banyak varian rasa, seperti coklat, keju, durian dan banyak lagi.

Pisang bolen ini bercita rasa lezat, yang terdiri dari lembutnya pisang di balut dengan adonan yang begitu gurih, siap membuat lidah kamu bergoyang. Dan pastinya, bisa membuat kamu ketagihan.

2. Angklung – Alat musik tradisional yang sudah mendunia

angklung oleh oleh khas bandung
angklung oleh oleh khas bandung – momsexperience.com

Angklung bukan lagi barang yang asing di telinga kamu pasti nya, alat musik yang terbuat dari bambu ini memang sangat khas dengan kekuatan suara nya yang harmoni. Bahkan, alat musik tradisional khas bandung ini sudah sangat terkenal bahkan mendunia.

Bagi kamu yang berlibur ke kota ini, kamu bisa mendapatkan alat musik ini di setiap pusat oleh oleh yang ada di kota bandung, bahkan di pasar pasar juga.

3. Picnic Roll Prima Rasa – Lembutnya daging cincang membalut telur yang gurih nan lezat

Makanan khas bandung selanjutnya yaitu Picnic Roll, makanan ini bertekstur lembut dan gurih, karena daging cincang sudah di berikan bumbu bumbu yang semakin membuat rasa guris pada makanan ini.

picnic roll oleh oleh khas bandung
picnic roll oleh oleh khas bandung – momsexperience.com

Picnic Roll cocok banget buat kamu bawa pulang sebagai oleh oleh, karena makanan ini bisa awet dan tidak cepat rusak. Picnic Roll Prima Rasa saat ini hanya tersedia di bandung. Jadi buat kamu yang berlibur ke kota bandung, jangan di lewatkan nih makanan khas kota bandung yang satu ini ya 🙂 .

4. Aneka Pakaian – Kota Bandung kota fashion

Siapa sih yang ngga tahu kalo kota bandung adalah fashion setter. Di kota bandung ini banyak sekali pakaian yang di buat dan di distribusikan ke luar kota bandung, yang tentu nya penuh kreatifitas banget.

Kamu kalo ke factory outlet kota bandung, pasti kagum deh sama karya karya yang ada di tempat tersebut, percaya deh kalo kamu berlibur ke kota kembang, jangan lupa untuk mampir ke outlet outlet kota bandung, apalagi daerah dago.

Selain style yang bagus bagus banget, fashion di sana tergolong murah murah loh, karena memang pakaian yang di buat berasal dari kota tersebut.

5. Sepatu dan Aneka Tas Cibaduyut

Kamu ingin sepatu atau tas yang murah dengan kualitas bagus, tepas sekali, kamu bisa datang ke cibaduyut. Di tempat ini kamu bisa membeli dan memilih banyak mode sepatu dan juga tas yang bagus bagus banget dan harga nya, merakyat deh pokok nya.

Bagi kamu para traveller mahasiswa ataupun single yang suka mencari barang barang yang berkualitas, jangan lewatkan oleh oleh yang satu ini.

6. Peuyeum khas bandung – Pesona peuyeum yang sangat populer

Makanan khas bandung yang satu ini merupakan jajanan sejuta umat. Mengapa demikian?. Karena, peuyeum khas bandung sudah sangat populer sebagai oleh oleh lezat namun juga harga nya yang masih relatif murah.

peuyeum khas bandung
peuyeum khas bandung – momsexperience.com

Peyeum dapat kamu jumpai di sudut sudut kota bandung, bahkan kamu bisa dengan sangat mudah menemukan nya di tempat pusat oleh oleh bandung.

7. Aneka kerajinan tangan khas Lembang Bandung

Jika kamu sedang berlibur ke objek wisata di lembang, jangan di lewatin nih oleh oleh khas bandung yang satu ini. Oleh oleh yang di buat dari anyaman bambu dan juga bahan lain nya, sangat unik dan kreatif banget.

kerajinan tangan khas lembang
kerajinan tangan khas lembang – momsexperience.com

Ada banyak sekali kerajinan tangan yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh oleh dari sini di antara nya : Tas anyaman, piring anyaman, tempat kue anyaman dll.

Sebagai destinasi wisata yang populer di bandung, daerah lembang memang mampu mengisi liburan kamu menjadi menarik dan luar biasa, di tambah dengan buah tangan hasil kreatif masyarakat sekitar yang luar biasa.

8. Aneka Olahan Oncom

Salah satu oleh oleh khas bandung yang sudah terkenal sekali adalah aneka olahan oncom, seperti yang sudah saya uraikan di atas, salah satu jajanan khas bandung yang ngga boleh kamu lewatin adalah comring. Nah, selain comring masih ada banyak lagi loh olahan oncom yang bisa kamu dapatkan di bandung. Tepatnya di pusat oleh oleh Oncom Raos.

9. Surabi Khas Bandung

surabi oleh oleh khas bandung
surabi oleh oleh khas bandung – momsexperience.com

Surabi saat ini sih menurut saya sudah naik kelas, jajanan khas kota bandung ini sudah bukan lagi jajanan yang bisa kamu nikmati di kota bandung saja. Namun, kamu juga bisa membawa nya sebagai buah tangan.

Saat ini surabi sudah banyak variasi rasa nya, seperti surabi oncom, surabi durian, surabi keju dll. Kamu bisa mendapatkan oleh oleh ini di Toko Surabi Enhai yang ada di jalan setia budi bandung. Dan jangan lewatkan ya kudapan yang satu ini.

10. Wajit Cililin

Kamu belum tahu wajit cililin?, kalo iyah, berarti kamu belum pernah ke daerah cililin bandung barat dong ya. Kalo saya saranin sih, coba ke daerah cililin, di sana banyak juga loh tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Oke, kembali lagi ke wajit cillin.

wajit cililin oleh oleh khas bandung
wajit cililin oleh oleh khas bandung – momsexperience.com

Wajit cililin sebenarnya sudah sangat terkenal, wajit yang di buat dari bahan gula merah dan rempah kelapa, membuat makanan khas bandung barat ini enak banget dan legit.

Kalo kamu berlibur ke daerah ini, jangan lupa untuk membawa nya pulang ke rumah sebagai oleh oleh untuk keluarga kamu tercinta.

Pusat Oleh Oleh Bandung

Saya sudah uraikan di atas Jajanan Khas Bandung dan juga Oleh Oleh Khas Bandung. Berarti, selanjut nya adalah di mana kamu bisa mendapatkan semua oleh oleh yang bisa kamu bawa pulang.

Sebenernya setiap tempat wisata di bandung, sudah menyediakan tempat di mana kamu bisa membeli oleh oleh untuk kamu bawa pulang, namun kali ini, saya ingin merekomendasikan beberapa pusat oleh oleh di bandung yang bisa kamu datangi.

1. Terminal Cililin / Alun Alun Cililin

Kalo kamu berlibur ke bandung barat daerah cililin, ranca panggung, gunung halu atau yang lain nya, kamu pasti akan melewati terminal ini. Di sini kamu bisa membeli oleh oleh seperti wajit cililin, comring, selai pisang, keripik bayam, keripik tempe dll.

Bahkan di sepanjang jalan menuju cililin, kamu juga akan melihat produsen kerupuk awur yang juga terkenal di daerah tersebut. Rasa nya enak loh.

2. Objek Wisata Lembang Bandung

Di objek wisata Lembang Bandung ini kamu bisa membeli berbagai kerajinan tangan, hasil kreatifitas masyarakat sekitar. Kerajinan tersebut meliputi piring anyaman, tas anyaman, tempat kue anyaman dll.

3. Toko Kue Kartika Sari

Toko kue kartika sari beralamat di Jl.H. Akbar no 4 kebon kawung bandung, di tempat ini kamu bisa membeli berbagai makanan kue yang enak dan pasti nya lezat. Di sini juga ada makanan khas bandung yang sangat terkenal loh, yaitu Pisang Bolen Kartika Sari.

4. Toko Kue Prima Rasa

Toko kue yang beralamat di Jalan Kamuning No. 20, Merdeka, Sumur Bandung menyediakan makanan yang juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh oleh, di sini kamu bisa membeli picnic roll atau kue kue lezat lain nya.

5. Jl.Raya Cihampelas

Jl.Raya Cihampelas merupakan pusat oleh oleh yang sudah terkenal di Bandung, di sini kamu bisa membeli banyak oleh oleh yang bisa kamu bawa pulang, seperti tas, sepatu dan juga yang lain nya.

6. Jl.Dago Raya

Di pusat oleh oleh ini kamu bisa membeli pakaian, sepatu atau yang lain nya. Jika kamu sedang ada di pusat kota bandung, pastikan untuk tidak lupa berbelanja di sini 🙂 .

7. Pasar Jum’at PUSDAI

Kamu pernah ke gedung sate? Ya betul sekali, PUSDAI letak nya sangat dekat dengan Gedung sate, kamu bisa membeli aneka pakaian dan lain nya di sini.

8. Jl. Raya Sadang

Pusat oleh oleh yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan yang berkunjung ke bandung barat, biasa nya para wisatawan berburu oleh oleh khas bandung di sini. Jangan sampe di lewatin ya 🙂

9. Rumah Mode Bandung

Rumah mode berada di Jalan Dr. Setiabudi Nomor 41, Bandung. Di rumah mode, kamu bisa shopping baju baju keren, tas, sepatu dll. Jika kamu pergi ke tempat wisata di bandung, jangan sampe lupa deh mampir ke sini 🙂

Leave a Comment

error: Tolong Hargai Karya Penulis !!!
%d bloggers like this: